Minggu, Mei 19, 2024
Beranda PERISTIWA 48 Siswa SMPMu Ahmad Dahlan Ikuti Program Student Exchange

48 Siswa SMPMu Ahmad Dahlan Ikuti Program Student Exchange

PERSPEKTIFLAMPUNG- SMPMu Ahmad Dahlan Kota Metro menyelenggarakan program pertukaran pelajar (student exchange) dan pekan bahasa  Goes to Pare. Program yang diikuti oleh 48 siswa ini, memilih Kota Yogyakarta untuk Program Student Exchange, dan Pare Kediri untuk Program Pekan Bahasa.
Menurut Kepala SMPMu Ahmad Dahlan Kota Metro, M Ali Musyafa saat pelepasan program Student Exchange dan Goes to Pare, program yang akan berlangsung selama 10 hari ke depan, merupakan program unggulan sekolah yang menjadi agenda rutin SMP Mu Ahmad Dahlan. “Melalui program tersebut siswa memperoleh pengalaman berharga belajar di kota pelajar Yogyakarta dan kampung Inggeris, Pare Kediri,” kata  Ali Musyafa, Sabtu (11/11)
Ia melanjutkan, program Student Exchange  kali ini diikuti oleh 48 peserta yang terbagi di dua sekolah unggulan Muhammadiyah Yogyakarta, yakni SMP Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 3 Kota Yogyakarta. Di kedua sekolah tersebut peserta student excahnge mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) yang terjadwal secara sistematis, dan diberi kesempatan untuk membuat kerajinan khas Yogjakarta “Selain memperoleh pengalaman mengikuti KBM di kedua sekolah tersebut peserta student excahnge juga berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di kota budaya tersebut seperti Karaton Ngayokjakarta Hadiningrat, dan Monumen Jogja Kembali. Selama program studet exchange berlangsung peserta utusan dari SMPMu Ahmad Dahlan Metro tinggal di rumah-rumah wali murid siwa SMP Muhammadiyah 2 dan 3 Yogyakarta yang disebut sebagai Wali Partner,” lanjutya.
Selanjutnya, jelas dia, program Pekan Bahasa Goes to Pare yang diselenggarakan SMPMu Ahmad Dahlan Kota Metro terselenggara atas kerjasama dengan Lembaga Kursus Bahasa Inggris EECC (Effective English Conversation Course). Program ini diikuti sebanyak 48 peserta dan didampingi oleh 3 orang guru. Selama program ini berlangsung peserta memperoleh materi intensif sekaligus praktek berbahasa Inggeris dengan mentor yang profesional sebanyak 3 kali pertemua setiap harinya, dan pembiasaan berbahasa Inggeris di asrama tempat peserta istirahat. “Sebagai sekolah dengan keunggulan bahasa SMPMu Ahmad Dahlan berupaya memberikan kesempatan dan pengalaman belajar yang berkualitas bagi setiap siswa,” jelasnya.
Senada, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Fatoni menambahkan, Program Student Exchange  dan pekan bahasa Goes to Pare sangat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya, setiap peserta tentu mengalami proses dan pengalaman yang amat berharga, selain mendapatkan ilmu mereka juga terlatih bersosialisasi, membiasakan sopan-santun sebagai tamu tinggal di rumah wali partner, pengalaman belajar di sekolah unggulan Yogyakarta dan yang pasti tidak terlupakan nilai silaturahim kepada keluarga wali partner. “Peserta yang mengikuti program pekan bahasa Goes to Pare akan menjadi pioner yang selau mendorong komunitas berbahasa Inggeris di SMPMu Ahmad Dahlan lebih giat lagi dalam menambah kemampuan bahasa asing mereka,” kata Fatoni.
Kabid Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Mardani berharap, melalui program Student Exchange dan Goes to Pare, para siswa belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti program tersebut. “Dehingga dapat menambah kapasitas keilmuan, kecakapan, pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang pada dilirannya serta harapannya dapat ditularkan kepada siswa-siswa lainnya,” ungkap Mardani. (zal)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments