Jumat, April 19, 2024
Beranda PERISTIWA SMPN 4 Metro Raih Juara I Lomba UKS Tingkat Nasional

SMPN 4 Metro Raih Juara I Lomba UKS Tingkat Nasional

PERSPEKTIFLAMPUNG-SMP Negeri 4 Metro berhasil meraih juara I pada Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat nasional untuk kategori Best Performance.

Keberhasilan tersebut diraih pada acara Penganugerahan Pemenang Lomba UKS tingkat Nasional 2018 di Hotel Arya Duta Jakarta, Kamis (25/10).  Hadir juga dalam acara penganugrahan tersebut Sekretaris Daerah Kota Metro Ir.A.Nasir AT MM,  Kepala Dinas Pendidikan Ir..Ria Andari, M.Pd dan Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Metro Kuswanto, SIP, MM serta Kepala SMPN 4 Kota Metro Hi Sunanto, M.Pd..

Kepala. SMPN 4 Metro, Hi Sunanto, M.Pd., mengatakan, setelah mengikuti sejumlah tahapan penilaian, SMPN 4 Metro yang mewakili Provinsi Lampung, berhasil meraih juara I, untuk kategori Best Performance, dengan menyisihkan sejumlah sekolah lain, di antaranya dari Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. “Alhamdulillah, melalui sejumlah tahapan penilaian, SMPN 4 Metro berhasil meraih juara I untuk kategori Best Performance,” kata Sunanto, Sabtu (27/10).

Menurutnya, dalam Lomba UKS tahun 2018 ini, pihaknya mengunggulkan 3 kegiatan yang menjadi nilai plus bagi SMPN 4 Metro, yakni pembuatan dan pemanfaatan dendeng daun singkong, alat pejernihan air, dan pembuatan gantungan kunci berbahan plastik yang dilakukan oleh para siswa. “Jadi, tiga kegiatan tersebut yang kami presentasikan pada babak terakhir penilaian yang digelar di Hotel Arya Duta Jakarta,” lanjutnya.

Dikatakannya, keberhasilan tersebut, tak terlepas dari dukungan Pemerintah Kota Metro, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama, dewan guru dan para siswa yang turut menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, sehingga mendukung proses kegiatan belajar yang kondusif.

Menurutnya, perilaku guru dan siswa sangat luar biasa dalam pembiasaan PHBS di lingkungan sekolah. “PHBS sudah menjadi bagian dari hidup, di lingkungan sekolah kami,”terangnya.

Ditambahkannya,  lomba bukan tujuan akhir tapi perilku hidup bersih dan sehat (PHBS) seluruh warga sekolah melalui Trias UKS dan 8 Goal UKS harus menjadi budaya dan gaya hidup (life style)  di SMPN. 4 Metro. “UKS merupakan strategi yang tepat dalam menciptakan SDM yang religious,  nasionalis,  sehat,  cerdas,  mandiri,  berintegeritas, jujur,  dan terbebas dari narkoba,”paparnya. (*)

 

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments