Rabu, April 21, 2021
Beranda KESEHATAN Komisi II Hearing soal Covid-19 Bersama Sejumlah OPD Terkait

Komisi II Hearing soal Covid-19 Bersama Sejumlah OPD Terkait




Perspektiflampung.com-Komisi II DPRD Kota Metro menggelar hearing soal penanganan covid-19 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, di antaranya Dinas Kesehatan, RSU Ahmad Yani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Pol PP serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat.
       Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar mengatakan, kekompakan penanganan covid-19 amat penting. Oleh sebab itu, jangan kurang koordinasi dalam menangani kasus terkonfirmasi positif Covid-19.  “Harus ada koordinasi yang baik,  seperti apa situasi di lapangan harus disatukan. Perlu dijelaskan juga, kalau covid-19 ini bukan penyakit aib, supaya tidak dikucilkan oleh masyarakat, harus disupport,” kata Fahmi Anwar, dalam hearing bersama sejumlah OPD di Aula DPRD Kota Metro, Kamis (04/02/2021).
       Politisi Partai Demokrat itu meneruskan, koordinasi menjadi suatu keharusan dengan semangat untuk saling memperbaiki. Itu, meliputi persoalan anggaran logistik, vitamin, bantuan, dan lainnya.  “Koordinasi tidak hanya di atas, tetapi harus sampai bawah. Dan untuk orang yang terkena itu juga harus dikaji apakah bisa diberi bantuan. Karena kita tidak tahu kemampuan ekonomi pasien itu seperti apa,” lanjut dia.
       Kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Metro, Ancilla Hernani menambahkan, perlu sinkronisasi agar penanganan lebih baik. Itu,  terkait standard operasional prosedur (SOP) bagi pasien isolasi mandiri.  Sebab bagaimanapun, pasien tidak bisa mencari nafkah selama menjalani isolasi. “Semasa menjalani isolasi,  pasien otomatis  tidak bisa kerja. Itu bagaimana. Artinya ini harus diperhatikan pemerintah. Kalau memang bisa anggaran digunakan untuk bantuan itu, ya segera disalurkan. Termasuk santunan bagi keluarga pasien yang meninggal dunia,” ujarnya.
       Senada,  Sekretaris Komisi II DPRD Kota Metro, Maryati juga menyebutkan, peningkatan koordinasi tim kota dengan kelurahan harus lebih dioptimalkan. Selain itu, Kota Metro bisa mencontoh koordinasi yang optimal seperti di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. “Pemerintah daerah setempat, memberikan bantuan kepada keluarga pasien yang dinyatakan positif terkonfirmasi positif covid-19, termasuk bantuan ekonomi,” ungkapnya. (ga)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments