Minggu, Juni 26, 2022
Beranda UMUM Silpa Rp 39 Milyar, DPRD Lamtim Beri 5 Catatan LPPA 2021

Silpa Rp 39 Milyar, DPRD Lamtim Beri 5 Catatan LPPA 2021

Perspektiflampung.com (Lampung Timur) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Timur memberikan 5 catatan terkait tingginya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) tahun anggaran 2021.

Catatan tersebut disampaikan juru bicara Badan Anggaran DPRD Lampung Timur, Agus dalam rapat paripurna pengambilan keputusan atas rancangan peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD (LPPA) 2021, Senin (20/6/2022) .

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif, dihadiri Bupati Lamtim M. Dawam Rahardjo, wakil Bupati Azwar Hadi, Sekda Kab Mohc Jusuf dan jajaran Forkopimda.

Juru bicara Badan Anggaran, Agus saat membacakan hasil pembahasan LPPA mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi pimpinan, Ketua Fraksi dan Badan Anggaran terkait SILPa dan Devisit anggaran masih sangat tingg mencapai Rp 39 milyar lebih.

Lebih lanjut, untuk itu diminta kepada Bupati Lampung Timur untuk memerintahkan kepala OPD untuk mencari sumber pendapatan di luar APBD.

Selain itu, terkait tingginya SILPA pada belanja pegawai  di seluruh OPD, agar dilakukan perencanaan yang lebih baik dan lebih efektif agar tidak terjadi lagi SILPA yang terlalu tinggi.

Ditambahkannya, kepala daerah untuk segera membuat e-katalog UMKM produk dalam negeri serta menganggarkan kembali program kegiatan APBD perubahan 2021 yang belum terlaksana.

Untuk peningkatan PAD, badan anggaran DPRD Lamtim meminta untuk segera membentuk pansus,” terang Agus.

Dijelaskannya pula, pada tahun 2021 pendapatan terealisasi Rp2,098 triliun, belanja Rp1,735 triliun, belanja transfer Rp458,58 miliar. Dengan adanya selisih antara pendapatan dan belanja terjadi surplus Rp96,12 miliar.

Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo pada rapat paripurna mengatakan, akan menindaklanjuti rekomendasi dewan. “Rancangan peraturan daerah tentang LPPA tahun 2021 yang telah mendapat persetujuan dewan akan kami sampaikan ke Gubernur untuk dievaluasi,”terang M.Dawam. (fri)



Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments