Rabu, April 21, 2021
Beranda UMUM RIBUAN PENARI BEDANA PUKAU PENGUNJUNG FWK LAMTIM

RIBUAN PENARI BEDANA PUKAU PENGUNJUNG FWK LAMTIM




PERSPEKTIFLAMPUNG-Puncak pelaksanaan Festival Way Kambas (FWK) di Kabupaten Lampung Timur dimeriahkan  pagelaran  tari Bedana yang diikuti 1.200 penari yang berasal dari seluruh sekolah baik tingkat SD hingga SMA di kecamatan Labuhan Ratu, Senin (13/11).  Selain para pelajar, penari juga  diikut ibu –  ibu PKK se- kecamatan Labuhan Ratu.

Tari Bedana, merupakan tarian yang dibawakan Mulie-Mekhanai (muda-mudi) Lampung)  dalam acara adat dan acara tidak resmi lainnya sebagai suatu ungkapan rasa kegembiraan.

Ini merupakan salah satu warisan budaya dan kearifan budaya lokal Lampung harus terus ditumbuhkembangkan dan dilestarikan.  Tarian Bedana biasanya ditampilkan berpasangan sebagai refleksi tata kehidupan masyarakat Lampung yang mencerminkan simbol pergaulan.

Selain memeriahkan puncak Festival Way Kambas 2017, Tari Bedana kolosal juga bertujuan melestarikan sekaligus ajang promosi tari khas Lampung.

Hal itu dilakukan sebagai langkah menjaga kebudayaan daerah yang belakangan mulai pudar digerus era moderenisasi.  Berdasarkan pantauan Perspektif.com, para pengunjung nampak antusias menyaksikan ribuan penari  Bedana, tak luput Wakil Bupati Lamtim Zaiful Buckhori langsung berfoto bersama dengan seluruh penari.  (wyn)

Wakil Bupati Lamtim Zaeful Bokhari dan jajaran foto bareng penari Bedana. Foto Wayan Purwana




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments