Rabu, Januari 19, 2022
Beranda HUKUM & KRIMINAL Mengaku Polisi, Pelaku Pemerasan Diringkus

Mengaku Polisi, Pelaku Pemerasan Diringkus

PERSPEKTIFLAMPUNG-Petugas Polsek Pasir Sakti Lampung Timur meringkus pelaku pemerasan dengan modus mengaku sebagai anggota polisi.

Keterangan yang berhasil dihimpun, pelaku dengan inisial DI (31), warga Desa Labuhan Maringgai Kecamatan Labuhan Maringgai Lamtim, Selasa (12/11), memergoki korban, Yustan (24), warga Desa Sumur Kucing Kecamatan Pasir Sakti, tengah menyedot pasir menggunakan mesin sedot, pada areal di belakang rumahnya, untuk tujuan membuat batako.

Menyaksikan hal itu, muncul niat jahat pelaku, dengan mengaku sebagai anggota polisi, dengan beberapa rekannya yang juga mengaku anggota sebuah LSM, langsung mendatangi korban, dan mengancam akan melaporkan aktivitas penyedotan pasir ke Polsek Pasir Sakti. “Mendengar ancaman tersebut, korban pun ciut, dan dimanfaatkan pelaku untuk melakukan pemerasan. Awalnya, korban diancam dan diminta menyerahkan uang sebesar Rp 10 juta,” kata Kapolsek Pasir Sakti, mewakili Kapolres Lamtim, AKBP Yudy Chandra.

Lalu, lanjut dia, berlangsunglah negoisasi, karena korban keberatan dengan jumlah uang yang diminta pelaku dan rekannya. Dalam perundingan, akhirnya disepakati, korban bersedia menyerahkan uang sebesar Rp 6 juta, agar persoalannya selesai. “Tetapi, korban cukup cerdik, pada saat menyerahkan uang tanda jadi sebesar Rp 2 juta, korban menghubungi petugas polsek,” lanjutnya.

Tak menyiakan kesempatan, petugas yang mendapat laporan langsung menangkap tersangka, dan mengamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp 2 juta, yang diserahkan korban kepada pelaku. “Uang sebesar Rp 2 juta, disita petugas dari tangan pelaku,” paparnya.

Untuk kepentingan penyidikan, pelaku beserta barang bukti berupa uang tunai Rp 2 juta, diamankan di Mapolsek Pasir Sakti. Petugas juga akan mengembangkan perkara ini, untuk mengetahui kawanan pelaku lainnya. (zal)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments