Rabu, September 22, 2021
Beranda PERISTIWA Luar Biasa, 28 Siswa MAN 1 Metro Lolos SNMPTN 2019

Luar Biasa, 28 Siswa MAN 1 Metro Lolos SNMPTN 2019

Perspektiflampung.com-Prestasi kembali ditorehkan oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Metro. Sedikitnya 28 siswa madrasah tersebut, diterima di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan.

Kepala MAN 1 Metro, Antoni Iswantoro, M.Ed., mengatakan, berdasarkan hasil SNMPTN tahun akademik 2019, sebanyak 28 orang siswa kelas XII, berhasil lolos seleksi kemampuan akademis, sehingga diterima di sejumlah PTN baik di Lampung maupun di luar Lampung melalui jalur undangan. “SNMPTN merupakan seleksi masuk PTN melalui seleksi kemampuan akademis pada nilai raport 5 semester terakhir. Dan alhamdulillah, ada 28 siswa-siswi kami yang masuk PTN melalui jalur undangan tersebut,” kata Antoni Iswantoro.
Ia menyebutkan, sejumlah PTN tersebut di antaranya Universitas Lampung (UNILA) Institut Teknologi Sumatera (ITTERA), Universitas Negeri Surakarta (UNNES), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. “Jadi, para siswa tersebut tidak hanya diterima pada PTN di Lampung, tetapi juga PTN di luar Lampung,” ujar dia.
Sementara itu, kata dia, para siswa yang tidak lolos SNMPTN, tidak perlu berkecil hati, karena jalur SNMPTN kuotanya memang terbatas. Namun, masih terdapat berbagai seleksi masuk PTN lain, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Jadi, bagi yang tidak lolos SNMPTN, masih terdapat kesempatan untuk mengikuti SBMPTN,” ujarnya.
Tak hanya itu, Antoni juga menyebutkan, program lain yang memberikan peluang untuk meraih masa depan yakni, Seleksi Prestasi Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPN-PTKIN), dan Ujian Masuk PTKIN. “Jadi masih ada peluang menempuh pendidikan untuk meraih masa depan, melalui SPN-PTKIN dan UM-PTKIN,” pungkasnya. (*)
Kepala MAN 1 Metro Antoni Iswantoro, M.Ed.




1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments