Minggu, Juni 26, 2022
Beranda UMUM Potensi Devisit, Pemkab Lampung Timur Lakukan Efisiensi APBD 2022

Potensi Devisit, Pemkab Lampung Timur Lakukan Efisiensi APBD 2022

       Perspektiflampung.com (Lampung Timur) – Potensi devisit anggaran mencapai Rp 227,12 Milyar, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan melakukan efisiensi APBD 2022.
        Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo saat membuka supervisi pendampingan Pengelolaan Keuangan daerah bersama BPKP perwakilan Provinsi Lampung diaula Utama Pemkab, Selasa (21/6/2022).
       Dikatakannya, potensi devisit anggaran diperkirakan akibat potensi pendapatan tidak akan sesuai dengan target yang telah di tetapkan.
       Selain potensi devisit, ada beberapa faktor yang menyebabkan beban APBD Lampung Timur semakin berat diantaranya anggaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
       “Selain anggaran PPPK, ada juga anggaran untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024yang harus dipersiapkan untuk memenuhi pembiayaan pada tahun 2023,” ungkap M. Dawam Rahardjo.
       Sementara, Purwianto anggota DPRD Lampung Timur mewakili Ali Johan Arif Ketua DPRD menjelaskan, selam kurang lebih 3 tahun, APBD Lampung Timur dalam kondisi yang kurang baik dampak Pandemi Covid-19.
       Tapi, menurut Purwianto, dalam kondisi apapun keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Lampung Timur harus tetap berjalan.  “Anggaran harus di kelola seefektif dan seefisien mungkin agar pembangunan tetap berjalan,” kata Purwianto.
       Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Lampung, Sumitro mengatakan untuk mengatasi devisit anggaran, pemkab Lampung Timur harus terus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menggali sumber-sumber pendapatan.
        Selain itu, dalam perencanaan harus lebih matang dan lebih baik sehingga dalam perjalanan tidak terjadi evisiensi. “Perencanaan yang baik, perencanaan yang matang dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat pengelolaan anggaran,” kata Sumitro. (Fri)



Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments