Minggu, Juni 26, 2022
Beranda UMUM Wakil Bupati Lampung Timur Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi

Wakil Bupati Lampung Timur Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi

        Perspektiflampung.com (Lampung Timur) – Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung melakukan penilaian Desa Braja Gemilang Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur, Kamis (23/6/2022).
       Desa Braja Gemilang sebagai pemenang lomba desa tingkat Kabupaten menjadi perwakilan untuk lomba desa tingkat provinsi Lampung.
       Tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Lampung dipimpin Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Intizam disambut Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi di Balai Desa Braja Gemilang.
       Azwar Hadi mengatakan Desa merupakan identitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
       “Program pembangunan di desa dapat dicapai melalui swadaya serta inovasi dan kreatifitas pemerintahan desa,” kata Azwar Hadi.
       Melalui lomba desa, langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan pemerintahan desa.
        “Keberhasilan Desa Braja Gemilang sebagai pemenang lomba desa tingkat Kabupaten merupakan wujud dari keberhasilan pemerintahan desa beserta masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan,” ujar Azwar Hadi.
       Sementara staf Ahli Gubernur Lampung, Intizam menjelaskan instrumen evaluasi dan perkembangan desa sebagai tolak ukur yang digunakan untuk menilai serta menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan desa.
       Kriteria dalam penilaian lomba desa meliputi bidang pemerintahan desa, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan desa dengan segala aspek sebanyak 490 indikator penilaian.
       Diketahui Desa Braja Gemilang memiliki Program Unggulan Layanan, MANTAP (Mudah, Amanah, Nyata, Tanpa Ada Pamrih), yang mana untuk membuat dokumen kependudukan bisa dicetak di Kantor Balai Desa kecuali KTP dan KIA.
       Desa Braja Gemilang, juga memiliki inovasi, Smart Village, Kampung IMUTOU (Internet Murah Tanpa Kuota), SARELANG (Pasar Sore Braja Gemilang), SIBERKAH DADI (Sistim Berbasis Bank Sampah Desa Digital).
       Selain itu juga ada PKK inovasi, yakni ada Pokja1 Jimpitan Banking, pokja 2 Perpustakaan Digital, pokja 3 ECO ENZIM dan G Market, dan Pokja 4, Posyandu Digital dan SIGADIS ALUS (Cegah Dini Stanting Dengan Asi Eksklusif). (Fri)



Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments