Minggu, Agustus 14, 2022
Beranda UMUM Kabupaten Lampung Timur Ditetapkan Sebagai Desa Devisa Lada Hitam

Kabupaten Lampung Timur Ditetapkan Sebagai Desa Devisa Lada Hitam

Perspektiflampung.com (Pesawaran) – Kabupaten Lampung Timur ditetapkan sebagai Desa Devisa Lada Hitam oleh kementerian Perindustrian dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia

Penetapan tersebut di sampaikan dalam acara Harvesting Lagawi Fest dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran, kamis (23-6-2022).

Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo mengatakan dengan ditetapkannya Lampung Timur sebagai Kabupaten Devisa Lada Hitam tentunya menjadi nilai positif, karena ini satu-satunya di Indonesia.

Dijelaskan M. Dawam Rahardjo, lada hitam masih diminati di tingkat nasional maupun internasional. “Dengan penghargaan ini dapat menjadi sebuah momentum kebangkitan dan kejayaan lada hitam di Lampung Timur,” kata M. Dawam Rahardjo.

Ditambahkannya, dalam upaya meningkatkan kembali produksi lada hitam di Lampung Timur, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus melakukan pendampingan kepada 500 petani lada hitam.

Petani Lada Hitam di Lampung Timur tersebar di enam desa yang tergabung dalam Gapoktan Cahaya Baru berasal dari Desa Sukadana Baru, Tanjung Harapan, Negeri Katon, Surya Mataram,  Kecamatan Margatiga, Desa Catur Suako Kecamatan Bumi Agung dan desa Putra Aji Dua Kecamatan Sukadana.

Dikatakan M. Dawam Rahardjo, penetapan Kabupaten. Lampung Timur sebagai Desa Devisa Lada Hitam telah memenuhi persyaratan diantaranya memiliki anggota lebih dari 500 petani, memiliki produksi ekspor.

Untuk meningkatkan produksi lada hitam di Lampung Timur,  Pemkab Lamtim akan terus melakukan pembinaan berupa pelatihan penguatan manajemen, peningkatan kapasitas produksi.

Untuk diketahui, Harvesting Lagawi Fest dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan juga di hadiri Menteri Perindustrian Agung Gumiwang Kartasasmita serta Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. (Fri)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments