Senin, September 26, 2022
Beranda POLITIK KPU Lampung Timur Klarifikasi 24 Parpol Peserta Pemilu Terkait Data Ganda

KPU Lampung Timur Klarifikasi 24 Parpol Peserta Pemilu Terkait Data Ganda

        Perspektiflampung.com (Lampung Timur) – Sebanyak 24 Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, terdapat kegandaan identitas.
       Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur, Wasiat Jarwo Asmoro menjelaskan pada tahap verifikasi administrasi, KPU kabupaten/kota memiliki tugas melakukan pengecekan kehandalan identitas partai Politik.
        “Terdapat 24 Parpol Calon Peserta Pemilu di lakukan klarifikasi terkait kegandaan identitas,” kata Wasiat Jarwo Asmoro ditemui di sekretariat KPU Lampung Timur, Senin (5/9/2022).
       Terkait kegandaan tersebut, partai politik mendatangkan langsung anggota yang tercantum dalam Sistem informasi Partai Politik (Sipol) untuk di klarifikasi.
       “Kegandaan bukan hanya satu identitas terdapat pada 2 Parpol, bahkan ada yang lebih dari 2 parpol,” terang Wasiat Jarwo Asmoro.
       Tahap awal verifikasi administrasi berakhir pada 6 September mendatang, selanjutnya verifikasi administrasi lanjutan sebelum dilakukan verifikasi faktual.
       “Bila parpol tidak dapat menghadirkan pemilik identitas, makan tidak dapat dilakukan verifikasi,” kata Wasiat Jarwo Asmoro.
       Lebih lanjut, terkait warga yang namanya tercantum di salah satu partai politik, warga dapat mengajukan keberatan dan melaporkan ke Help Desk KPU.
       “Ada beberapa yang melaporkan ke Help Desk KPU, jumlahnya masih fluktuatif karena masih berjalan,” kata Wasiat Jarwo Asmoro.
        Dari pemantauan di KPU Lampung Timur, terdapat beberapa Parpol yang melakukan klarifikasi diantaranya PDIP, Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa. (Fri)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments