Rabu, April 21, 2021
Beranda POLITIK Noverisman Subing Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Noverisman Subing Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-Nilai Pancasila




Perspektiflampung.com – Pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan sejak dini, nilai luhur ideologi negara mengandung seluruh sendi-sendi kehidupan manusia.

Hal tersebut diungkapkan Noverisman Subing saat melakukan sosialisasi ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan dengan perkumpulan Muley Menghanai Mataram Marga di Balai Desa setempat beberapa waktu lalu.

Dalam sosialisasi tersebut, wakil ketua komisi 3 DPRD Provinsi Lampung menekankan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk menerapkan dan terus mengamalkan falsafah Pancasila demi mewujudkan Indonesia adil dan makmur. “Kita harus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila demi terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia,” ujar anggota Fraksi PKB DPRD Provinsi Lampung.

Sementara Marsim M.Pdi selaku narasumber dalam paparanya mengatakan Ideologi Pancasila itu juga mencakup agama islam sebagai agama yang komprehensif dan mengandung ajaran yang sangat moderat serta rahmatan lil alamin.

“Semua sudah tercakup. Jadi apalagi yang mau diganti? Semua sudah ada dalam Pancasila yaitu ketuhanan, kemanusiaan, keadilan. Makanya saya mendorong agar generasi muda  kembali belajar falsafah Pancasila demi membangun karakter manusia Indonesia yang baik dan bermartabat,” tandas Dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung.

Terkait propaganda paham radikalisme dan terorisme, menurut Marsim terjadi akibat banyak faktor, tetapi dari banyak faktor itu, paling banyak persoalan ideologi agama.  Dari situlah para penganut paham radikalisme dan terorisme itu tidak saja mengkafirkan dan menganggap orang yang tidak seagama sebagai musuh, bahkan yang seagama pun seringkali tetap dianggap musuh dan harus dimusnahkan. Selain itu, tujuan mereka adalah menggulingkan kekuasaan politik, makanya gerakan radikal itu muncul di negara-negara islam, termasuk di Indonesia.

“Mereka ingin mengganti ideologi negara dengan ideologi islam. Itulah salahnya, mestinya yang harus diajarkan ke masyarakat adalah bahwa negara ini didirikan oleh para pahlawan yang berideologi Pancasila yang digali dari sumber-sumber agama itu sendiri,” tutur Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Lampung Timur. (Fri)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments