Sabtu, Desember 4, 2021
Beranda UMUM Lokakarya Pendidik Guru Penggerak Lampung Timur

Lokakarya Pendidik Guru Penggerak Lampung Timur

Perspektiflampung.com, Lampung Timur – Calon Pendidik Guru Penggerak angkatan 2 menggelar lokakarya 7, festival panen hasil belajar di MAN 1 Lampung Timur, Sabtu (13/11/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur, Marsan melalui Kabid Tenaga Kependidikan, Gunadi mengatakan, guru penggerak akan menjadi salah satu syarat untuk menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas. “Saat ini masih disusun regulasi aturan untuk calon kepala sekolah dan pengawas yang mensyaratkan guru penggerak, ke depan Cakep dan Cawas tidak lagi menjadi persyaratan,” kata Gunadi.

Pada tahun 2021 ini, peserta calon guru penggerak hanya 24 orang, jumlah ini masih sangat kurang dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada di Lampung Timur. “Tahun-tahun mendatang diharapkan akan ada peningkatan jumlah peserta calon guru penggerak di Lampung Timur,” kata Gunadi saat membuka lokakarya 7.

Sementara Muhammad Safii selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan lokakarya 7 untuk melakukan evaluasi terhadap hasil program pada lokakarya ke 6. “Salah satu tujuan dari kegiatan ini menjadi ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh calon guru penggerak,” kata Muhammad Safii.

Ditambahkannya, melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika sebagai UPT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melaksanakan tugas menjalankan program PGP angkatan 2 di 12 kabupaten/kota yan  g tersebar di 4 Provinsi. “PGP angkatan 2 telah dimulai sejak 19 April 2021 dimulai dengan pelaksanaan lokakarya perdana di masing-masing kabupaten/kota,” kata Muhammad Safii.

Program ini bertujuan memberi bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistic dan mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun diluar sistem pendidikan serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan.

Dalam lokakarya 7 “Festival Panen Hasil Belajar, para peserta calon Guru Penggerak sesuai dengan kelompoknya memamerkan program pendidikan yang telah diterima selama mengikuti PGP.

Selain itu, guru penggerak Lampung Timur berhasil menciptakan dan menampilkan lagu mars guru penggerak, lagu diciptakan oleh Tut Wuri Handayani dari SMAN 1 Bandar Sribhawono dan Siti Asiah, S.Pd  dari SDN 4 Pungung Raharjo  di bawah kordinasi pengajar praktek Imam Hanaf dari SMPN 1 Sribhawono. (Fri)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments