Minggu, April 21, 2024
Beranda PERISTIWA Pemkot Metro dan Pemkot Surabaya Tèkèn MoU terkait Jaringan Lintas Perkotaan

Pemkot Metro dan Pemkot Surabaya Tèkèn MoU terkait Jaringan Lintas Perkotaan

Perspektiflampung.com-Pemerintah Kota Metro dan Pemerintah Kota Surabaya melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau (Memorandum of Mnderstanding (MoU) mengenai Jaringan Lintas Perkotaan yang berlangsung di Ruang Sidang Walikota Surabaya Jawa Timur.

Kedua Pemerintah Daerah sepakat untuk menyinergikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat melalui kerjasama ini. Pelaksanaan penandatanganan naskah MoU dilakukan oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, dan  Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Jumat (23/02/2024).

Tujuan MoU ini juga untuk pertukaran informasi, pemberdayaan potensi dan peranan wilayah serta mengoptimalkan potensi sumber daya melalui percepatan pelayanan publik, serta pemenuhan pelayanan dasar masyarakat yang efektif dan efisien, demi meningkatkan kesejahteraan.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, mengatakan salah satu point yang diperoleh Pemkot Metro dalam penandatanganan kesepakatan tersebut, yakni penerapan System Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), khususnya terkait sistem Meritokrasi yang telah diterapkan di Kota Surabaya. “Pemkot Metro akan mempelajari SPBE yang telah diterapkan oleh Pemkot Surabaya,” kata Wahdi.

Sementara itu, Pemkot Surabaya tertarik dengan Program Jama-PAI yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Metro, karena dinilai dapat memonitor angka kematian ibu dan anak, dimana warganya dapat memasukan sendiri data pribadinya lewat aplikasi. “Ini yang akan kami kolaborasikan, selain berbagai program perizinan,” kata Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Menurutnya, melalui penandatanganan naskah kerjasama, nantinya apa yang ada di Kota Surabaya ini bisa digunakan juga di Kota Metro dan begitu juga sebaliknya sehingga bisa terciptanya kolaborasi, karena seandainya ini nanti bisa dilakukan maka hal ini bisa menghemat keuangan negara. “Karena, kita bukan hanya saling membangun tetapi saling melengkapi di masing-masing kota. Insha Allah diawal bulan Maret 2024 ini, saya dan beberapa Kepala Dinas akan mengadakan kunjungan kerja balasan ke Kota Metro, untuk belajar juga, sehingga inovasi apa yang menarik yang ada di Kota Metro yang belum ada di Kota Surabaya akan kami pelajari,” ungkapnya. (ga)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments