Minggu, Mei 19, 2024
Beranda PERISTIWA Jemaah Haji asal Luar Kota Metro, Kemenag Mengaku 'Kecolongan'

Jemaah Haji asal Luar Kota Metro, Kemenag Mengaku ‘Kecolongan’

Metro-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro mengaku ‘kecolongan’, saat diketahui salah seorang jemaah calon haji kloter 56 Kota Metro, berasal dari Natar Lampung Selatan.

 

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Metro, Muhlisin menjelaskan, salah satu persyaratan pendaftar ibadah haji yakni membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) asli, tanpa ada verifikasi bahwa yang bersangkutan benar-benar asli warga Kota Metro atau bukan. “Jadi, pendaftar hanya menunjukkan KTP dan KK asli, Kemenag tidak melakukan penelusuran apakah itu benar-benar warga Kota Metro,” kata Muhlisin, Rabu (23/8).

 

Ia juga menyebutkan, ada kemungkinan yang bersangkutan sebelumnya berdomisili di Kota Metro dan kemudian pindah domisili sebelum pelaksanaan ibadah haji. Hal itu juga terjadi, karena KTP yang digunakan pada saat mendaftar haji merupakan KTP SIAK, belum menggunakan KTP elektronik e-KTP. “Kan pada saat mendaftar beberapa tahun lalu, masih menggunakan KTP lama, belum KTP elektronik,” ujar dia.

 

Menurut Muhlisin, berdasarkan hasil pemeriksaan dr Ade, dokter yang merawat Marfuah pasca terjatuh pada saat prosesi pemberangkatan, yang bersangkutan dinyatakan tidak dapat berangkat menunaikan ibadah haji dan dinyatakan jemaah haji lunas tunda, yang akan diberangkatkan pada musim haji berikutnya. “Jemaah haji lunas tunda menjadi prioritas diberangkatkan pada musim haji berikutnya. Dan ini sudah dilaporkan kepada Siskohat,” jelasnya.

 

Sementara itu, berdasarkan Daftar Manifest JKG 56 Jemaah Hajj Kota Metro, Marfuah Sadi Kasan (77), yang merupakan warga Desa Bandarrejo Kecamatan Natar Lampung Selatan, tercatat beralamat di Jalan DR Sutomo RT 038/RW 007 Kelurahan Purwosari Metro Utara.

 

Diketahui,  insiden kecelakaan mewarnai prosesi keberangkatan calon haji gelombang kedua kloter 56 di Masjid Taqwa Kota Metro, Selasa (22/8). Korban yakni, Marfu’ah (70) calon jemaah haji asal Bandar Rejo Kecamatan Natar Lampung Selatan, terjatuh saat akan naik ke dalam bis



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Iklan

Iklan

Iklan

Most Popular

Recent Comments