PerspektifLampung

Berita Terkini dan Terbaik di Lampung

Bupati Lamtim Gencarkan Kampanye “Isi Piringku”

Bupati Lamtim Gencarkan Kampanye “Isi Piringku”
Persepektiflampung – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga.
Hal Itu disampaikan Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari pada acara gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten di desa Sukaraja tiga, Kecamatan Margatiga, kamis (3/10)
Dalam setiap acara Germas Bupati Lamtim Zaiful Bokhari menggencarkan kampanye “Isi Piringku” disela-sela kegiatan Germas setelah kegiatan cuci tangan pakai air sabun.
“Isi Piringku merupakan gerakan makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang, sebagai pengganti slogan “4 Sehat 5 Sempurna” di masa lalu. Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terbagi menjadi 50 persen piring buah-buahan dan sayuran, 50 persen berikutnya sepertiganya lauk, dua per tiganya makanan pokok,” ujarnya.
Bupati juga berpesan agar masyarakat mengonsumsi buah-buahan lokal dan pangan lokal daerah masing-masing, termasuk jenis karbohidrat yang bermacam-macam.
“Saya menekankan empat hal penting lainnya kepada masyarakat yaitu cuci tangan sebelum makan, aktivitas fisik yang cukup, minum air putih cukup, dan memantau tinggi badan dan berat badan,” ujar Bupati.
Dalam kegiatan Germas tersebut juga berlangsung penandatanganan komitmen penurunan Stunting. Oleh bupati, Forkopimda, instansi swasta dan seluruh Stakeholder terkait.
Selain itu Pemerintah Kabupaten Lamtim juga telah forum komunikasi gerakan masyarakat hidup sehat yang terdiri dari OPD terkait, camat dan Puskesmas seLampung Timur yang bertujuan untuk menuntaskan program kesehatan bekerjasama dengan lintas sektoral seperti ormas, organsasi profesi.
Program yang dilaksanakan Forum germas seperti penurunan stunting, dilarang buang air besar sembarangan, tidak merokok, beraktivitas fisik, cek kesehatan secara rutin, penyediaan sumber air bersih, menggunakan jamban sehat dan keluarga mengikuti JKN KIS. (*/wyn)
Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami,agar tidk ketinggalan berita terbaru silahkan subscribe kami

No Responses

Tinggalkan Balasan