PerspektifLampung

Sudut Pandang Informasi

DPRD Lamtim Akan Evaluasi APBD 2020 Setiap Tiga Bulan

DPRD Lamtim Akan Evaluasi APBD 2020 Setiap Tiga Bulan

Perspektiflampung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Timur (Lamtim) akan melakukan fungsi pengawasan pelaksanaan APBD 2020 secara bertahap.

Hal ini diungkapkan ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif saat di temui perspektiflampung.com. Menurutnya DPRD memiliki fungsi pengawasan pelaksanaan APBD, untuk melakukan fungsi pengawasan, DPRD Lamtim akan melakukan setiap 3 bulan sekali. Harapannya, dengan adanya pengawasan tersebut dapat diketahui progres penggunaan anggaran yang telah di sepakati antara eksekutif dan Legislatif.

Dijelaskan Ali Johan Arif, pengalaman tahun 2019 dimana ada beberapa kegiatan pembangunan yang gagal tender dengan nilai milyaran rupiah, dapat dijadikan pengalaman berharga agar tidak terulang kembali di tahun 2020. “Pengalaman gagal tender milyaran di tahun 2019, tidak akan terulang kembali di tahun 2020,” kata Ali Johan Arif.

Mutasi jabatan terhadap beberapa kepala SKPD jangan dijadikan alasan. Sesuai dengan aturan, kepala SKPD harus dapat segera menyesuaikan diri agar tidak mengganggu kegiatan yang telah direncanakan. “Pelaksanaan APBD tahun 2020 harus sesuai dengan tahaoab,” kata Ali Johan Arif.

Diakuinya, dalam penyusunan APBD 2020 telah menerapkan sistem e-planning dan e-bugeting. Karena seluruh isi APBD sudah di planning dan di anggarkan, harus dilaksanakan sesuai tahapannya. “Pelaksanaan anggaran harus tepat waktu sehingga tidak ada lagi anggaran yang tidak terserap,” tambah Ali Johan Arif.

Ali Johan Arif berharap, pada awal tahun 2020 ini, seluruh kegiatan sudah mulai berjalan, baik dari tahap perencanaan malalui konsultan, persiapan pelaksanaan tender hingga pelaksanaan tender. “Harapannya bulan April, tender sudah bisa dimulai, sehingga untuk menyusun APBD Perubahan 2020 sudah diketahui anggaran yang akan ditata ulang akibat tidak dapat dilaksanakan pada APBD murni 2020,” kata Ali Johan Arif.

Ditemui terpisah, Bupati Lamtim, Zaiful Bokhari mendukung langkah-langkah DPRD Lamtim untuk melakukan pengawasan pelaksanaan APBD 2020 secara bertahap. Menurutnya, pengawasan pelaksanaan APBD merupakan kewenangan DPRD.

Ditambahkannya, dengan adanya pengawasan dari DPRD, pelaksanaan anggaran pembangunan di Lamtim akan fokus. Sehingga seluruh pelaksanaan anggaran yang sudah direncanakan dan ditetapkan dalam APBD dapat terlaksana dan berjalan dengan baik. (Fri)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami,agar tidk ketinggalan berita terbaru silahkan subscribe kami

No Responses

Tinggalkan Balasan