Senin, Januari 18, 2021
Beranda KESEHATAN Dinas Kesehatan Catat Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Kota Metro Capai 64 Kasus

Dinas Kesehatan Catat Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Kota Metro Capai 64 Kasus

Perspektiflampung.com-Dinas Kesehatan Kota Metro mencatat jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 hingga kini mencapai 64 orang. 

       Kepala Dinas kesehatan Kota Metro, Erla Andrianti, menyampaikan pada saat ini tercatat sebanyak 64 orang terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Metro, dengan rata – rata   usia terbanyak di atas 40-50 tahun. “Hingga saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 mencapai 64 orang,” kata Erla Andrianti, pada Rakor Penanganan Covid-19, Senin (26/10/2020).
 
       Ia meneruskan, penambahan pasien terkonfirmasi covid-19, terdiri dari 10 orang berasal dari Kecamatan Metro Pusat, 3 orang dari Kecamatan Metro Utara, 2 orang dari Kecamatan Metro Timur, serta 19 orang dari Kecamatan Metro Barat. “Total pasien terkonfirmasi covid-19 sebanyak 64 orang, terdiri dari 34 kasus lama, 27 orang selesai isolasi, dan 3 orang meninggal dunia,” papar dia.
 
       Sedangkan, secara keseluruhan jumlah kasus covid-19 di Kota Metro mencapai 1.228 orang, di antaranya terdiri dari kasus suspek sebanyak 264 orang, kontak erat sebanyak 482 orang, serta kasus lama 482 orang.
 
 

       Sementara, Walikota Metro, Achmad Pairin mengatakan, Rakor diselenggarakan untuk menindaklanjuti maraknya perkembangan covid-19,  dan untuk mengambil sebuah keputusan dari pimpinan daerah dalam mengantisipasi perkembangan covid-19,  sesuai dengan jumlah pasien yang makin bertambah di Kota Metro. “Saya menghimbau para camat agar menginformasikan kepada  pengurus-pengurus masjid tentang protokol kesehatan yang wajib dilakukan oleh para jemaah, di antaranya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hal ini sebagai upaya bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati,” kata Achmad Pairin, dalam Rakor yang berlangsung di Operation Room Pemkot Metro.

       Kemudian, terkait dengan  pesta yang diselenggarakan di wilayah Kota Metro adalah hal yang sensitif untuk penularan covid 19, karenanya penyelenggara pesta diharapkan  dapat menyampaikan aturan-aturan mengenai protokol kesehatan, dan harus benar-benar dilakukan aturan tersebut. “Berbicara mengenai pesta adalah hal yang sangat sensitif untuk penularan covid-19, jadi harus disampaikan aturan-aturan mengenai protokol kesehatan, dan harus benar-benar dilakukan aturan tersebut,” ujarnya.

       Achmad Pairin juga memastikan, Pemkot Metro akan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan penanganan covid-19, pada  libur panjang pada bulan Oktober sampai November  2020. “Upaya yang akan dilakukan di antaranya dengan pengecekan suhu tubuh, dan  pemakaian masker. “Pengawasan akan dilakukan oleh Satuan Pol PP dibantu oleh personil TNI dan Polri,” ungkap dia. (ga)

Kadis Kesehatan Kota Metro, drg Erla Andrianti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments